Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan
Manfaat Kedelai bagi Kesehatan - Kedelai merupakan keluarga kacang yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia bila dikonsumsi. Kedelai sangat mudah Anda dapatkan dengan berbagai bentuk olahan seperti tempe, tahu, sampai susu kedelai.

Berikut manfaat kedelai bagi kesehatan :
  1. Sebagai Antioksidan
    Kedelai sebagai antioksidan karena mengandung senyawa isoflavon yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Senyawa ini berperan dalam mencegah dan memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi udara.
  2. Mengurangi resiko Osteoporosis
    Kedelai dikatakan mampu mengurangi resiko terkena ostoeporosis pada lansia (usia lanjut) disebabkan oleh protein tinggi yang terkandung di dalam kedelai akan menyerap kalsium untuk kesehatan tulang dan mencegah kerusakan atau keropos tulang. Konsumsi kedelai mulai sekarang akan mendapatkan manfaat ini ketika anda berusia lanjut seperti menjaga kekuatan tulang Anda.
  3. Sebagai Zat Pembangun
    Kedelai banyak mengandung protein yang berfungsi sebagai zat pembangun tubuh. Baik untuk perkembangan sel-sel otak pada anak-anak, protein kedelai menyehatkan tubuh, meningkatkan stamina, dan produksi sel tubuh yang baik.
  4. Menjaga Berat Badan
    Kedelai diyakini cocok dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda bisa dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin 2-3 gelas per harinya. Kedelai mengandung serat yang tinggi, melancarkan pencernaan, mengatur kadar gula dalam darah, dan mampu menahan rasa lapar.
  5. Mencegah Kanker
    Kedelai dapat dikonsumsi sebagai makanan atau minuman antikanker. Karenakan kandungan senyawa yang terdapat dalam kedelai juga akan melawan tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh, seperti misalnya kanker payudara.
  6. Mengurangi Gejala Menopouse
    Kandungan kedelai berupa fitoestrogen dan isoflavin dapat membantu memberikan rasa nyaman saat gejala menopouse datang. Menopouse terjadi karena kadar estrogen dalam tubuh berkurang, sehingga menyebabkan kulit kering, emosi tak stabil, depresi. Maka perbanyak konsumsi protein kedelai membantu kebutuhan untuk bertahan dari efek gejala menopouse.
  7. Meringankan Diabetes
    Kedelai memiliki kandungan serat cepat larut sehingga menurunkan kolesterol dalam darah, gula dalam darah yang otomatis membantu mencegah diabetes menyerang.
  8. Mencegah Atherosclerosis
    Karbihidrat berupa serat kasar yang terdiri dari zat-zat pembakar lemak dalam tubuh, usus, atau pembuluh darah. Karbohidrat jenis ini yang terkandung dalam kedelai yang bisa mencegah Atherosclerosis.
Manfaat Kedelai bagi kesehatan cukup banyak, tergantung bagaimana Anda menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh Manusia"

Back To Top