Mabuk Perjalanan: Penyebab, Mencegah, dan Mengatasinya

Mabuk Perjalanan
Hari lebaran akan segera tiba, mudik ke kampung halaman menjadi sebuah tradisi bagi kaum urban ummat Islam di Indonesia. Perjalanan darat, laut dan udara ditempuh demi silaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara serta kerabat tercinta.

Satu hal yang umum yang sering dialami oleh mereka yang melakukan perjalanan jauh adalah mabuk perjalanan. Dimana suatu kondisi yang tidak menyenangkan karena menyebabkan tubuh menjadi lemas, kadang memaksa untuk berhenti di tengah perjalanan untuk beristirahat atau bahkan tidak jarang malah sakit setibanya di tujuan.

Agar terhindar dari serangan  mabuk perjalanan perlu Anda ketahui tentang Penyebab Mabuk Perjalanan, Mencegah Mabuk Perjalanan, dan Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan.

Penyebab Mabuk Perjalanan
Mabuk perjalanan, secara medis dikategorikan sebagai penyakit Vertigo (Inggris: motion sickness), dengan gejalanya pusing, keringat dingin, mual (nausea), muntah (vomiting) dan lemas. Hal ini disebabkan oleh terganggunya sistem keseimbangan tubuh, dimana komponen-komponen sistem tersebut yaitu sistem syaraf pusat (otak), bagian dalam telinga, mata dan jaringan terdalam permukaan tubuh (proprioceptors), tidak bekerja secara sinkron.

Misalnya saat kita membaca buku di dalam mobil yang sedang bergerak, mata dan tubuh tidak memberikan sinyal adanya pergerakan ke otak, sementara telinga bagian dalam merespon gerakan kendaraan dan memberitahukannya ke otak, konflik informasi yang diterima otak inilah yang menyebabkan terjadinya mabuk kendaraan. Demikian jugalah yang terjadi saat kita mabuk laut, udara dan saat melakukan permainan wahana gerak seperti Roller Coaster.

Kondisi mabuk perjalanan ini juga dipicu atau diperparah oleh bau-bau tajam seperti asap rokok dan wewangian, kurangnya kadar oksigen dan banyaknya kadar karbon dioksida di dalam kendaraan, serta sistem suspensi kendaraan yang tidak baik dan jalanan yang tidak rata.

Mabuk pejalanan dapat dialami oleh siapa saja dan dari berbagai usia, bergantung kepada daya tahan tubuh dan kebiasaan dalam melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan. 

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan
  • Sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya berdoa untuk keselamatan dan ketenangan selama di perjalanan, serta pastikan tubuh dalam keadaan prima atau sehat.
  • Sebelum berangkat, sebaiknya perut tidak dalam keadaan kosong dan juga tidak kenyang. Hindari makan besar, memakan makanan berat yang butuh waktu lama dicerna, mengandung banyak lemak, pedas atau beraroma kuat, dan makanan yang mengandung banyak kuah seperti soto. Isilah perut dengan makanan yang relatif ringan seperti sedikit nasi dengan tempe atau tahu.
  • Di dalam kendaraan, usahakan untuk tidak terlalu fokus menatap objek yang dekat misalnya menggunakan gadget dan membaca majalah, sesekali melihat objek-objek jauh di luar kendaraan terutama pada pemandangan bagian depan kendaraan.
  • Pilihlah tempat duduk yang nyaman dan menghadap ke depan kendaraan, misalnya di dekat jendela dan di samping supir.
  • Menghisap permen jahe, mint atau permen jamu.
  • Pehatikan dan siapkan tubuh mengikuti arah gerak kendaraan.
  • Jangan biarkan kendaraan tertutup, bukalah jendela secukupnya untuk sirkulasi udara.
  • Fokus dan menikmati musik dari media player sambil memejamkan mata.
  • Untuk kendaraan pribadi, berhenti dan beristirahatlah secara teratur setiap 4-5 jam perjalanan.
  • Dan terakhir, tips terbaik saya adalah tidur, untuk itu sebelum berangkat sebaiknya minum jamu yang menyebabkan kantuk dan obat-obatan anti mabuk, bisa juga meminum obat sakit kepala yang dapat menyebabkan kantuk.
Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan
Apabila gejala-gejala mabuk sudah terjadi:
  • Kalau memungkinkan hentikan kendaraan dan beristirahat.
  • Bila muntah, bersihkan mulut dari sisa muntahan dengan cara berkumur-kumur dengan air putih.
  • Minumlah sedikit air putih atau minuman berkarbonasi atau meminum larutan herbal (jahe-jahean) dan memakan sedikit kraker kering.
  • Bernafas secara teratur, melakukan pernafasan perut dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan menggembungkan perut, lepaskan melalui mulut perlahan-lahan.
  • Mengoles minyak kayu putih di bagian leher dan sekitar dada.
  • Apabila kondisinya agak mengkhawatirkan, terutama pada anak-anak (2-5 tahun) seperti yang pernah dialami anak balita saya dengan ciri-ciri keringat dingin yang berlebihan, lemas, nyaris pingsan, sebaiknya hentikan dulu perjalanan, dan kalau perlu konsultasi dengan dokter.
Demikianlah sedikit tips untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan. Persiapkanlah rencana perjalanan jauh hari sebelum keberangkatan. Semoga perjalanan mudik atau perjalanan jauh lainnya dapat berjalan lancar dan selamat sampai di tujuan.

Semoga bermanfaat.

Sumber :
Tag : Kesehatan, Tips
7 Komentar untuk "Mabuk Perjalanan: Penyebab, Mencegah, dan Mengatasinya"

pernah baca jg klo melihat objek jgn yg dekat, krn otak akan bkerja keras untuk mengikuti pergerakan objek :D

Makasih banget atas info nya. sangat bermanfaat.

Walaupun puasa, harus kuat. Sahurnya secukupnya. :)

thanks artikelnya sangat informatif dan bermanfaat untuk saya pribadi,,, berikut artikel tentang cara agar tidak mabuk perjalanan atau saat berpergian naik mobil sebagai tambahan informasi untuk kita.

makasih banyak manfaat banget bagi saya yg mabuk berat

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

Back To Top