Ide Menarik Memanfaatkan Sudut Ruang Rumah Anda


Sudut ruangan biasanya menjadi area sisa yang tidak termanfaatkan dengan baik, atau cenderung disia-siakan. Padahal, bila ditata dengan baik, sudut ruang ini bisa menjelma menjadi sebuah ruang yang sangat bermanfaat.

Seperti yang diungkapkan oleh arsitek dan desainer interior Prima Haris Nuryawan, ternyata ada empat ide untuk mengisi sudut ruangan yang mungkin bisa Anda terapkan. Simak berikut ini:

Ruang Koleksi
Manfaatkan sudut ruangan dengan menambahkan lemari dinding atau rak terbuka. Dinding yang asalnya dibiarkan polos, sekarang bisa Anda olah dan manfaatkan untuk kegiatan mengoleksi pernak-pernik atau koleksi buku-buku Anda.

Ruang Santai
Untuk mengolah ruang sudut menjadi area santai pun sangatlah sederhana. Pada sudut yang kosong, Anda bisa menempatkan sebuah meja samping yang rendah atau meja kopi.

Meja ini selanjutnya bisa dijadikan sebagai pusat perhatian ruang keluarga, seperti menambahkan sebuah lampu gantung berukuran cukup besar. Gantungkan lampunya dengan rendah hingga mendekati meja. Alhasilnya, nuansa yang muncul adalah keakraban di sudut ruang keluarga.

Ruang Baca
Buatlah area ini sebagai ruangan baca. Anda bisa memanfaatkan daerah sudut yang tersisa ini dengan langkah yang sederhana. Caranya, Anda tinggal meletakkan sebuah kursi baca santai, semisal kursi gantung, kursi goyang, dan sebagainya. Agar sudut terlihat menyatu dengan nuansa di dekatnya, pilihlah warna atau tekstur yang senada sehingga secara keseluruhan sudut ini tetap terkesan hidup dan menyatu.

Ruang Luar
Jika ingin menciptakan sesuatu yang berbeda, Anda bisa memasukkan suasana luar ruang ke dalam sudut ruang keluarga ini. Caranya, manfaatkan satu bidang pada sudut ruang dengan menyusun deretan bilah kayu atau bambu.

Kemudian tambahkan tumbuhan hijau, bisa tanaman hidup atau plastik bila tak ingin repot dalam hal merawatnya. Untuk memperkuat kesan luar ruang serta nuansa keakraban, turunkan plafon dengan menambah pergola kayu di atas ruang keluarga.

Selamat menikmati sudut ruangan baru di rumah Anda!
Tag : Rumah, Tips
0 Komentar untuk "Ide Menarik Memanfaatkan Sudut Ruang Rumah Anda"

Back To Top